BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?
BAGUS SEKALI
BAGUS
SEDANG
KURANG
SANGAT KURANG

PENGUNJUNG HARI INI : 70
PENGUNJUNG TOTAL : 19657
PENGUNJUNG YANG SEDANG ONLINE : 1















POTENSI INVESTASI

Kota Medan merupakan salah satu dari 5 kota di Indonesia dengan jumlah penduduk diatas 2 juta jiwa (BPS, 2015). Dengan luas 26.510 Hektar (265,10 km2) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara, kepadatan penduduk Kota Medan adalah 8,008 jiwa/km2. Dibandingkan dengan Jakarta sebagai kota terpadat di Indonesia dengan ± 19,000 jiwa/km2, Kota Medan menempati peringkat kepadatan ke-15 dari ± 90 kota besar lainnya.



Seiring dengan perkembangan peran penting Kota Medan sebagai daerah metropolitan dan gerbang barat Sumatera, Kota Medan diharapkan untuk dapat memenuhi tuntutan dalam menyediakan layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat luas. BPS mencatat jumlah penduduk Kota Medan pada tahun 2010 sebesar 2,1 juta jiwa, namun jika melihat penduduk komuter maka diperkirakan ada 2,6 juta jiwa yang ada di Kota Medan setiap harinya. Ini belum ditambah penduduk di kabupaten/kota di sekitar Medan yang berpeluang untuk mencari layanan kesehatan di Kota Medan.



Akibat kompleksnya sistem dan prosedur yang harus dilakukan maka pertambahan penduduk di kota-kota besar seringkali tidak diikuti dengan perluasan kota. Di samping bertambahnya jumlah penduduk, pertambahan jumlah kendaraan juga menyebabkan wilayah kota semakin padat, sesak dan macet, sementara itu sistem transportasi dan lalu lintas yang ada pada umumnya belum efektif untuk mengendalikannya. Kondisi kota yang padat dan kurang teratur ini akan berpengaruh besar terhadap munculnya kemacetan lalu lintas, yang berarti mengurangi efisiensi dalam melakukan aktivitas ekonomi. Sektor transportasi adalah salah satu sektor yang cukup berperan dalam mendorong pembangunan ekonomi di suatu daerah. Namun demikian, sektor ini juga dikenal sebagai salah satu sektor yang banyak memberikan dampak terhadap lingkungan dalam cakupan spatial (ruang) yang besar.



Penduduk Sumatera Utara yang berjumlah 13,9 juta jiwa menambah 2,2 juta penduduk Medan yang potensial menjadi konsumen Kebun Binatang Medan jika dapat dikembangkan sebagai pusat rekreasi keluarga yang modern dilengkapi dengan taman botani di samping permainan berbasi teknologi. Bahkan tidak menutup peluang datangnya wisatawan mancanegara bila dikelola dengan lebih menarik.

 


copyright © 2012 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, hak cipta dilindungi undang-undang. E-mail: admin@dpmptsp-pemkomedan.id