FASILITAS DAN PEMANFAATAN SMS GATEWAY


LATAR BELAKANG

 

Selama ini system teknologi informasi selalu dikenal sebuah aktifitas yang sangat menyerap teknologi canggih, membutuhkan biaya yang sangat besar dan sangat susah diimplementasikan secara cepat dan tepat. Pernyataan ini merupakan sebuah pernyataan salah kaprah yang selalu didengungkan oleh para penghalang dari perkembangan teknologi ini. Padahal dengan system perencanaan yang baik dan berkesinambungan, system teknologi informasi dapat diterapkan dengan baik serta tentunya dengan penggunaan biaya yang dapat seminimal mungkin tanpa mengurangi kualitas dari teknologi yang digunakan. Pemanfaatan teknologi ini tentunya tidak perlu sekaligus, harus selalu disesuaikan dengan perkembangan yang ada di daerah implementasiannya, tetapi dengan dasar yang kokoh, pembangunan teknologi ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga akhirnya akan membawa efisiensi dan efektivitas dalam system pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dari pengimplementasian teknologi informasi yaitu mewujudkan sebuah system kerja yang efisien, efektif, dan terintegritas. Dengan telah d iberlakukannya UU No. 32 Thn 2004 tentang pemerintahan daerah, maka hak dan tanggungjawab pemerintah daerah makin tinggi baik itu dalam pengelolaan sumber daya alam, manusia dan potensi yang ada.

 

Agar dapat melaksanakan hak dan tanggungjawab tersebut efisien dan efektif, maka organisasi pemerintah daerah harus dapat berlandaskan pada prinsip-prinsip good governance. Pemerintah daerah harus lebih berusaha sendiri dengan kaidah-kaidah yang ada. Peningkatan pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Medan merupakan bagian yang menjadi prioritas saat ini. Setelah pengembangan sistem secara keseluruhan telah selesai dan telah digunakan sejak tahun 2012, maka saat ini konsentrasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Medan adalah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada para pemohon dan pihak-pihak terkait yang membutuhkan data dan informasi dari DPMPTSP Pemerintah Kota Medan. Salah satu rencana peningkatan pelayanan tersebut setelah pengembangan website DPMPTSP utama dan mobile serta pusat pelayanan digital di kantor DPMPTSP, SMS Gateway merupakan pelayanan lanjutan yang dibangun untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para pemohon untuk mendapatkan data dan informasi yang mereka butuhkan. Diharapkan dengan adanya pelayanan ini dapat meningkatkan pelayanan kepada para pemohon yang ada dan meningkatkan system kerja pemerintahan yang dapat berjalan lebih efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip good governance dan e-government yang ada. Untuk itu di bangun sebuah program yang diberi nama Penyusunan Media Informasi Proses Perijinan Berupa SMS Gateway di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Medan.

 

Adapun cara kerja dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Ketika aplikasi proses melakukan aktifitas untuk berbagai pengurusan perijinan dan retribusi, aplikasi SMS Gateway sudah siap dipakai untuk melakukan proses-proses yang ada. Adapun nomor sms gateway yang digunakan adalah 0822 777 33 130
  • Ketika pemohon melakukan permintaan informasi tentang status pengurusan yang dia lakukan, aplikasi SMS Gateway dapat memberikan informasi tentang sampai dimana proses tersebut telah berjalan dengan catatan bahwa proses tersebut telah dilakukan di loket. Misalnya seeorang ingin menanyakan informasi tentang IUP yang sedang diurusnya dan dia memiiki nomor agenda 1779. Adapun format pengisian sms adalah sebagai berikut, jenis-ijin#no-agenda(Resi)#tahun. Sedangkan tatacara penggunaannya adalah, ketik sms ke nomor diatas dengan isi IUP#1779#2015. Adapun jenis-jenis ijin yang diinformasikan adalah seluruh ijin yang ada di DPMPTSP.
  • Selain itu aplikasi akan secara langsung mengirimkan informasi yang berhubungan dengan biaya yang dibebankan dalam pengurusan perijinan dan retribusi untuk pengurusan yang dikenakan biaya ketika sudah masuk tahapan untuk pembayaran di bendahara.
  • Aplikasi ini juga secara langsung akan mengirimkan informasi yang berhubungan dengan penyelesaian dan pengembilan sertifikat jika tahapan pengurusan sudah masuk ke tahapan pengembilan sertifikat di loket.
  • Selain itu aplikasi akan secara langsung mengirimkan informasi untuk berkas permohonan ijin yang ditolak ketika berkas sudah ditolak di kasubag umum.

TATACARA PENGGUNAAN

 

Adapun tatacara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui informasi proses dari permohonan yang dilakukan. Adapun tatacara penggunaannya:
    • Ketik pesan sms dengan format jenis-ijin#no-agenda(Resi)#tahun. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
      • Jenis-ijin: kode ijin sudah ditetapkan, anda tinggal memilih kode ijin sesuai dengan ijin yang anda urus. Adapun kode-kode ijin tersebut adalah sebagai berikut:
        • Tanda daftar perusahaan: TDP
        • Ijin usaha perdagangan: IUP
        • Ijin usaha jasa konstruksi konsultan: IUJKK
        • Ijin usaha jasa konstruksi: IUJK
        • Ijin usaha industri: IUI
        • Ijin reklame umbul-umbul dan spanduk: IRUS
        • Ijin reklame selebaran: IRS
        • Ijin reklame kendaraan berjalan: IRKB
        • Ijin pengeboran air bawah tanah: IPABT
        • Ijin pengambilan dan pemanfaatan air: IPPA
        • Ijin pelataran parkir: IPP
        • Ijin optik: IO
        • Ijin kerja petugas kesehatan: IKPK
        • Ijin gangguan perusahaan industri: IGPI
        • Ijin gangguan bukan perusahaan industri: IGBPI
        • Tanda Daftar Usaha Pariwisata: TDUP
      • No agenda(resi): 4 digit angka nomor urut agenda yang tertera pada tanda bukti penerimaan berkas (resi tanda terima)
      • Tahun: 4 digit tahun pendaftaran permohonan sesuai dengan tanggal yang tertera pada tanda bukti penerimaan berkas (resi tanda terima)
      • Contoh: IUP#1779#2015
    • Kirim pesan sms tersebut ke nomor 0822 777 33 130
  • Pemohon akan mendapatkan berbagai informasi secara langsung pada waktunya jika proses permohonan sudah pada tahapan-tahapan yang ada dibawah ini dengan catatan bahwa pemohon telah memasukkan nama pada saat pendaftaran sebelumnya. Adapun informasi yang akan langsung diterima adalah:
    • Informasi tentang biaya retribusi perijinan yang harus dibayar, jika permohonan sudah sampai pada tahap pembayaran. Informasi ini hanya berlaku untuk seluruh ijin yang dibebankan biaya dalam pengurusannya.
    • Informasi tentang perijinan yang telah selesai dan waktu pengambilan sertifikat ijin, jika permohonan sudah sampai pada tahap pengambilan.
    • Informasi untuk berkas permohonan perijinan yang ditolak, jika permohonan yang ada resmi ditolak untuk diperbaiki kembali.

Diharapkan dengan berbagai point diatas dapat ditingkatkan pelayanan khususnya untuk:

  • Terpenuhinya permintaan request dari para pemohon untuk menanyakan perkembangan proses perijinan yang sedang dimohonkan.
  • Informasi tentang biaya retribusi perijinan yang harus dibayar.
  • Informasi tentang perijinan yang telah selesai dan waktu pengambilan sertifikat ijin.
  • Informasi untuk berkas permohonan perijinan yang ditolak

Dengan dipenuhinya semua informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dari DPMPTSP Kota Medan kepada masyarakat khususnya para pemohon ijin.

copyright © 2012 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, hak cipta dilindungi undang-undang. E-mail: admin@dpmptsp-pemkomedan.id