BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?
BAGUS SEKALI
BAGUS
SEDANG
KURANG
SANGAT KURANG

PENGUNJUNG HARI INI : 7
PENGUNJUNG TOTAL : 11581
PENGUNJUNG YANG SEDANG ONLINE : 2















SEKILAS DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan dibentuk pada bulan Februari 2017 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Instansi ini merupakan peleburan dua Badan yang telah melayani sejak tahun 2009, yakni Badan Penanaman Modal dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Penyatuan dua instansi ini bukanlah secara tiba-tiba, sebab sebenarnya telah diisyaratkan secara berangkai oleh Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007, Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009 hingga Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014. PP No. 18 Tahun 2016 sendiri kemudian diperinci lagi oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 Tahun 2016 yang mengatur nomenklatur dan struktur organisasi DPMPTSP.

Sebagai instrumen yang mengurusi bidang penanaman modal dan perizinan, DPMPTSP Kota Medan berkewajiban untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pertumbuhan usaha yang kemudian berdampak pada penyerapan tenaga kerja sehingga dapat berkontribusi terhadap kenaikan pendapatan perkapita. Pertumbuhan usaha ditandai dengan investasi sementara Investasi merupakan unsur yang berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi. Selain pertambahan pedapatan asli daerah, dampak berlapis (multiplier effect) menjadi tujuan utama mendatangkan investasi. Multiplier effect itu seperti perekrutan karyawan, pasar untuk bahan baku dan barang jadi, penjualan produk-produk lokal, hingga usaha-usaha turunan yang ikut menempel di sekitar bisnis utamanya, seperti kuliner, advertising, konsultansi, elektronik dan banyak jasa lainnya.

Dalam ekonomi makro, investasi berkorelasi positif terhadap pendapatan nasional. Artinya jika investasi naik maka pendapatan nasional cenderung naik. Demikian pula sebaliknya. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,6% pemerintah merilis angka investasi sebesar Rp 800 triliun yang perlu dikejar. Hingga triwulan II tahun 2017, nilai investasi secara nasional tercatat sebanyak Rp 336.7 triliun dari target BKPM sebesar Rp 678,8 triliun atau telah mencapai 49,6% (sumber: BKPM). Kota Medan sendiri menyumbang Rp 3,3 triliun sepanjang dua triwulan tersebut dengan rincian PMDN Rp 2,5 triliun dan PMA Rp 826 miliar.

Investasi adalah suatu kegiatan yang terkait dengan banyak faktor. Kami memahami bahwa investor tidak hanya melihat tingkat suku bunga, tetapi juga faktor infrastruktur, keamanan, gejolak politik dan sosial, kepastian hukum, kemudahan berusaha, ketersediaan bahan baku dan energi hingga insentif. Halhal tersebut justru ditentukan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga kota, TNI-Polri hingga organisasi kemasyarakatan, bahkan masyarakat itu sendiri. Mengambil peran sesuai kewenangannya, Pemerintah Kota Medan melalui DPMPTSP berupaya untuk memberikan kemudahan berusaha. 120 izin kini telah dapat dilayani oleh DPMPTSP dengan mekanisme yang lebih mudah, transparan dan dalam jaringan (online). DPMPTSP saat ini sedang berbenah diri untuk meningkatkan kenyamanan para pelaku usaha dalam berinvestasi dengan penyediaan informasi yang lebih lengkap dan pelayanan proses perizinan yang lebih prima.

copyright © 2012 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, hak cipta dilindungi undang-undang. E-mail: admin@dpmptsp-pemkomedan.id